Apa sih Internet Positif itu?

Internet Positif
Situs terlarang tidak dapat diakses melalui jaringan ini karena terindikasi mengandung salah satu unsur Pornografi, Judi, Phising, SARA atau PROXY.
Jika anda merasa situs ini tidak termasuk ke dalam kategori diatas, silahkan menghubungi aduankonten [at] depkominfo [dot] go [dot] id.

Jadi dari keterangannya dapat disimpulkan bahwa Internet Positif merupakan kebijakan dan tindakan yang diambil untuk mengendalikan konten yang bisa diakses oleh pengguna layanan internet Telkom Speedy. Kalau dilihat dari kriterianya memang termasuk kategori situs beresiko baik secara fisik, mental dan uang.

Bagaimana cara kerja Internet Positif?

Cara kerja Internet Positif dalam memblokir situs sebenarnya sangat jelas, kalau anda membuka alamat website tertentu yang termasuk dalam daftar blaclistnya maka akan otomatis dialihkan ke website Internet Positif.

Kalau begitu cara melewatinya bagaimana?

Dulu hanya dengan mengganti DNS server yang digunakan oleh komputer anda seperti menggunakan Google Public DNS atau OpenDNS sudahlah cukup. Karena blokir Speedy dilakukan melalui DNS server mereka.

Sekarang cara mengganti DNS server ini sudahlah tidak bisa karena teknologi yang digunakan Internet Positif lebih invasif lagi dengan membajak DNS server (DNS Hijacking). Jadi percuma saja mengubah DNS server karena sudah tidak ampuh lagi menjebolnya.

Langsung saja cara yang pasti bisa membuka blokir Internet Positif bagaimana?

Anda bisa menggunakan Proxy, VPN, Tunneling atau Tor. Tinggal disearch di Google saja kok.

Saya malah sebaliknya, ada yang lebih ampuh blokirnya dibanding Internet Positif?

Wah.. kalau masih kurang saktif blokirnya coba gunakan DNS server dari Nawala saja.

Apakah ada situs yang seharusnya diblokir oleh Internet Positif?

Tentu saja Internet Positif tidak bisa mensensor semuanya, karena sistem mereka berbasis blacklist. Tapi kadang – kadang sensor atau blokir mereka cukup agresif, jadi ingat ada satu situs kesehatan dalam bahasa inggirs yang sampai sekarang masih kena blok karena beberapa isinya pengetahuan mengenai kesehatan seksual dan… dilengkapi gambar. Tampaknya ini masalahnya.

Teman saya sendiri yang sedang mengerjakan tesisnya terpaksa menggunakan jalur – jalur alternatif untuk mendapatkan akses ke sumbernya yang kena jaring Internet Positif.

Kalau diperhatikan sih sebenarnya kita bisa melaporkan bahwa website tersebut adalah bersifat edukasi, tapi kalau dibutuhkan saat itu juga jelas lama menanti balasan dan pembatalan blokirnya.

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article.

Leave a reply