Fungsi Switch dan Hub | Vinet

Fungsi Switch dan Hub


Fungsi Switch dan Hub

Dua perangkat ini berfungsi sebagai pusat koneksi untuk semua perangkat jaringan anda dan menangani tipe data yang disebut frameFrame berisi dan membawa data anda. Saat frame diterima, maka akan disalin dan dikirim ke port perangkat komputer yang dituju. Perbedaan dari dua perangkat ini terdapat pada cara pengiriman frame.

Pada hub, sebuah frame akan diteruskan atau dibagikan ke semua port, walaupun anda hanya bermaksud untuk mengirimkan ke satu tujuan. Hub tidak bisa memilih satu port yang dituju saja. Dengan cara membagikan ke semua port maka bisa memastikan frame akan sampai ke tujuan, tapi cara ini juga menyebabkan beban arus di dalam jaringan semakin besar dan bisa menyebabkan melambatnya waktu respon jaringan. Selain itu hub dengan kecepatan 10/100mbps harus membagi bandwith dengan seluruh port nya. Apabila ada banyak perangkat komputer yang tersambung maka akan menurunkan performanya.

Di sisi lain, switch menyimpan setiap informasi MAC address dari setiap perangkat yang terhubung. Dengan informasi ini switch bisa mengidentifikasi posisi port setiap perangkat. Saat frame diterima, switch bisa dengan pasti menentukan port yang akan digunakan untuk mengirimkan frame tersebut. Berbeda dari hubswitch dengan kecepatan 10/100mbps akan mengalokasikan kecepatan 10/100mbps secara penuh kepada masing-masing port. Jadi berapapun jumlah perangkat komputer yang terhubung, pengguna akan selalu memiliki akses dengan kapasitas bandwith maksimal. Inilah yang menjadikan switch sebagai pilihan yang lebih baik dari hub.

WhatsApp Hubungi kami