Pengertian, Cara Kerja RX dan TX Jaringan Komputer

ok guys kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang

Kata RX dan TX dalam dunia jaringan biasanya ditemui ketika kita menghubungkan komputer ke komputer lain yang saling berkomunikasi data.

Tx dan Rx menggunakan protokol yang diimplementasikan pada perangkat bernama UART (Universal Asynchronaus Receiver / Transmitter). UART adalah bagian dari sebuah perangkat keras hardware komputer yang menerjemahkan bit bit data.

Pengertian RX dan TX

RX atau disebut Receiver adalah jalur penerimaan data dari device satu ke device yang lain yang saling terhubung. Receiver dalam internet adalah uploud. Receiver ini hanya sebuah nama parameter yang digunakan pada sebuah jaringan komputer atau internet.

TX atau disebut Transmit adalah jalur pengiriman data dan pengeluaran data yang saling terhubung. Transmiit dalam internet adalah donwload. Transmit ini seperti RX hanya sebuah nama parameter yang digunakan pada sebuah jaringan komputer atau internet.

Cara Kerja RX dan TX

RX bekerja seperti halnya kita sedang uploud file data dari komputer ke google drive. Data tersebut akan tersimpan ke google drive. dan sebaliknya TX bekerja seperti halnya kita men download file data yang ada di google drive dan tersimpan di komputer. Saat kita sedang browsing di internet itu namanya RX sedangkan TX saat kita mengunduh file data dari internet.

RX dan TX juga ditemui pada kabel jaringan yang mana kabel tersebut tersusun berdasarkan rx dan tx. Ini adalah gambaranya :

1 pasang kabel Tx “berfungsi untuk mengirim informasi” yaitu pada pin nomor 1 (TX+) dan 2 (TX-).
1 pasang kabel untuk Rx (berfungsi menerima informasi) yaitu pada pin nomor 3 (RX+) dan 6 (RX-).
Sedangkan 2 pasang lainnya tidak digunakan, tetapi hanya dapat digunakan untuk mengirim daya listrik POE untuk mengbungkan perangkat yang terdapat di ujung kabel UTP
RX dan TX juga ada ditemui pada trafik uploud download kekuatan pada jaringan komputer ini adalah gambaran dari trafik rx dan tx serta kecepatan antar (Transmit) pengirim dan (Receiver) penerima.

Kecepatan pada TX dan TX pada gambar diatas ini sudah ditentukan dari sisi hardware kabel dan dari sisi bandwidth yang dipakai.

Sekian dari pembahasan kali ini selamat belajar dan salam sejah tera kita semua.

SALAM IT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *