Belum tentu produk yang harganya Mahal menjamin 100% bahwa mereka pasti jauh lebih bagus dibandingkan produk sejenis yang harganya lebih murah



Seringkali sebuah statement diucapkan bahwa harga itu setara kualitas Produk dengan harga murah jangan mengharapkan kualitas kelas atas, begitu juga sebaliknya jangan mengharapkan produk bermutu tinggi dengan harga murah.


Apakah pernyataan tersebut memang benar? Apakah memang produk berharga mahal itu selalu berkualitas tinggi? Apakah kita harus membayar lebih besar agar supaya kualitas prima kita dapatkan? Tidak bisakah kita memperoleh layanan kelas satu dengan harga terjangkau? Benarkah produk yang murah itu adalah murahan? Semua pertanyaan tersebut sebenarnya mengerucut pada satu hal, yaitu kesebandingan antara harga dengan kualitas yang ditawarkan.


Secara umum dapat dikatakan bahwa untuk memperoleh suatu produk bermutu tinggi membutuhkan effort yang lebih besar, sehingga cost yang mesti dikeluarkan juga akan lebih besar. Akan tetapi ini tidak berarti bahwa produk-produk dengan harga murah dilegalkan untuk menjadi sebuah produk murahan.


Memang secara standar kualitas tingkatan produk berharga murah akan kalah dibandingkan dengan produk yang berharga lebih tinggi. Hanya saja belum tentu produk-produk berharga tinggi menjamin 100% bahwa mereka pasti jauh lebih berkualitas dibandingkan produk sejenis yang berharga lebih murah. Dengan kata lain, korelasi antara harga dengan kualitas tidaklah sepenuhnya berbanding lurus. Ada faktor-faktor lain yang berperan terhadap kualitas serta harga.