Berikut ini 5 Keuntungan dan 5 Kerugian menggunakan internet



Internet merupakan hasil dari kemajuan teknologi yang membuat pengguna mendapat beragam akses tanpa mengenal tempat dan waktu.  Keuntungan internet sendiri sangat menunjang kehidupan manusia. Dalam pencarian dan akses informasi, pengguna dapat dengan mudah mencari melalui beragam search engine dan website yang tersedia. Di segi komunikasi, ada beragam media komunikasi yang memanfaatkan internet sebagai media yang membuat pengguna dapat berinteraksi tanpa mengenal waktu dan tempat. Bidang pendidikan, banyak platform pendidikan, model sistem pembelajaran online hingga literasi digital yang memanfaatkan adanya internet. Tidak hanya pendidkkan, bisnis dan ekonomi juga memiliki beragam keuntungan dimana muncul beragam fintech, metode pembayaran online yang dapat berlangsung antar negara dan benua hanya dalam waktu singkat. Bicara mengenai data, pengguna saat  ini juga dapat menyimpan data di internet termasuk melakukan sharing dengan pengguna lain tanpa harus bertemu secara fisik.

Dibalik semua hal - hal yang terkesan menyenangkan dan menguntungkan, jika pengguna tidak mampu membatasi diri dengan baik, pengguna dapat kecanduan karena tidak terbatasnya informasi yang ada di internet ditambah dengan rasa ingin tahu.  Kecanduan ini kemudian akan berdampak pada kesehatan fisik dan mata. Kurang istirahat akan merusak kesehatan fisik dan mata karena terlalu lelah dalam memfokuskan diri di internet. Tidak semua konten yang ada di internet positif. Ada banyak konten negatif seperti porrnografi, kriminalitas, kekejaman dan hal tidak pantas yang dapat merusak psikis seseorang jika tidak hati - hati dalam mengakses internet. Dengan kemudahan yang ada, orang - orang yang memiliki niat jahat dapat mengancam keamanan pengguna dari data hingga harta yang ada. Hal ini biasa dikenal dengan cyber crime yang dengan berbagai metode dapat melakukan perusakan hingga pencurian terhadap penggunanya menggunakan internet.

5 Keuntungan dan 5 Kerugian menggunakan internet

Keuntungan :

1- Mempermudah akses dan pencarian informasi
2- Mempermudah komunikasi
3- Memberikan manfaat lebih dalam hal kemajuan pendidikan
4- Mendorong model bisnis dan ekonomi yang lebih modern
5- Melakukan penyimpanan data online dan melakukan transaksi data

Kerugian :

1- Membuat pengguna kecanduan dan lupa waktu jika tidak digunakan bijak
2- Adanya konten porrnografi yang tersebar
3- Marak cyber crime yang dapat menjadi ancaman pengguna
4- Memengaruhi kesehatan mata dan fisik bila tidak mengatur waktu dengan baik
5- Konten berbau kriminalitas, kekejaman dan hal tidak pantas lain yang tersebar dan memengaruhi psikis pengguna jika tidak berhati - hati