Inilah 10 Daftar Pekerjaan yang Diprediksi akan Naik Daun dalam 5 Tahun ke Depan | Vinet

Inilah 10 Daftar Pekerjaan yang Diprediksi akan Naik Daun dalam 5 Tahun ke Depan


Inilah 10 Daftar Pekerjaan yang Diprediksi akan Naik Daun dalam 5 Tahun ke Depan

Inilah 10 Daftar Pekerjaan yang Diprediksi akan Naik Daun dalam 5 Tahun ke Depan

KOMPAS.com - Dunia kerja selalu bergerak dinamis. Seiring kemajuan teknologi, jenis dan profesi pekerjaan juga semakin beragam. Setidaknya ada 10 pekerjaan yang diprediksi akan naik daun di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun mendatang. Melansir Kompas Edukasi, Selasa (3/8/2021), World Economic Forum (WEF) merilis laporan The Future Jobs yang berisi pekerjaan-pekerjaan yang diramalkan akan naik daun mulai tahun 2025. WEF juga memperkirakan ada sekitar 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani tenaga manusia akan digantikan oleh mesin.

Karena itu, mulai tahun 2025, WEF memperkirakan manusia akan bekerja berdampingan dengan mesin. Lalu, apa 10 pekerjaan yang bisa menyesuaikan zaman dan akan semakin populer dalam kurun waktu 5 tahun mendatang di Indonesia? Berikut daftarnya:

10 pekerjaan yang bakal naik daun 5 tahun mendatang

1. Data Analysts and Scientists (data analyst and data scientist) Seorang data analyst bertugas mengolah data dan menyajikan data yang tersedia, sedangkan data scientist mencari cara untuk mendapatkan data dan menganalisisnya untuk digunakan oleh analis.

2.Spesialis AI and Machine Learning (artificial intelligence (AI) and machine learning specialist) Pekerjaan yang satu ini bertugas memprogram mesin atau komputer yang dapat melakukan pekerjaan dan belajar seperti manusia, bahkan lebih baik dari hasil pekerjaan manusia.

3. Spesialis Big Data (Big Data specialist) Seorang Big Data Specialist diharuskan memiliki keahlian dalam memproses data yang volumenya sangat besar yang tumbuh secara eksponensial seiring berjalannya waktu.

4. Spesialis Digital Marketing and Strategy (digital marketing and strategy specialist) Menyusun dan menjalankan strategi penjualan secara digital.

5. Spesialis Process Automation (process automation specialist) Menggunakan teknologi untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang berulang yang bisa menggantikan pekerjaan manual.

6. Spesialis Business Development (business development professionals) Salah satu misi utama dari pekerjaan ini ialah mencari strategi agar bisnis perusahaan bisa terus tumbuh dalam jangka panjang.

7. Spesialis Transformasi Digital (digital transformation specialist) Menerapkan teknologi yang ada dan yang akan datang untuk membuat perusahaan semakin berkembang dan kompetitif.

8. Analis keamanan informasi (information security analyst) Bertugas memantau dan melindungi data dan informasi penting perusahaan menggunakan perangkat lunak, seperti firewall dan program enskripsi data.

9. Pengembang software dan aplikasi (software and application developer) Saat ini, gadget seperti laptop dan smartphone telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat masa kini. Maka, kebutuhan lulusan yang ahli untuk mengembangkan perangkat lunak semakin dibutuhkan.

10. Spesialis Internet of Thing (internet of things specialist) Merancang dan membuat alat-alat yang terkoneksi dan beroperasi dengan jaringan internet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar 10 Pekerjaan yang Diprediksi Naik Daun dalam 5 Tahun ke Depan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/06/223800965/daftar-10-pekerjaan-yang-diprediksi-naik-daun-dalam-5-tahun-ke-depan?page=all.
Penulis : Maulana Ramadhan
Editor : Maulana Ramadhan

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6


WhatsApp Hubungi kami