Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Programmer | Vinet

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Programmer


Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Programmer

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Programmer

Programmer adalah profesi di bidang IT yang semakin populer sejak kemunculan smartphone dan sektor bisnis yang beralih ke dunia digital. Programmer bertugas membuat aplikasi atau perangkat lunak sesuai kebutuhan klien atau perusahaan, bisa berupa aplikasi mobile, membangun website, hingga aplikasi desktop. Jika sudah berpengalaman atau menjadi senior programmer, Anda bisa mendapatkan gaji besar.Apabila Anda tertarik untuk berkarir sebagai programmer, ada beberapa skill yang penting untuk dikuasai, seperti:

Membaca Source Code dan Bisa Bahasa Pemrograman Sebagai programmer, kemampuan membaca source code dan bahasa pemrograman menjadi skill utama yang harus Anda miliki. Membaca source code yang Anda tulis atau rancang sendiri tentu saja mudah. Namun, bagaimana jika membaca kode pemrograman yang dibuat orang lain? Dalam kerja tim, kemampuan membaca barisan kode milik rekan kerja Anda sangat dibutuhkan supaya Anda bisa mengedit dan meneruskan syntax yang ada.

Selain kemampuan membaca kode, Anda tentu harus menguasai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah instruksi dasar yang dibuat untuk memerintahkan komputer menjalankan suatu program atau software. Ada banyak bahasa pemrograman komputer di dunia, seperti C, C++, JavaScript, Python, HTML, PHP, SQL, dan lainnya.

Memiliki Keterampilan Logika, Matematika, dan Algoritma Pada dasarnya, basic skill seorang programmer terletak pada keterampilan logika, matematika dasar, dan algoritma. Logika atau kemampuan problem solving akan membantu programmer mengidentifikasi masalah hingga mencari solusi terbaik untuk menangani permasalahan. Masalahnya bisa berupa alur pemrograman maupun masalah dalam tim. Sementara itu, matematika dasar dan algoritma akan membantu Anda dalam membuat berbagai fungsi yang sesuai keinginan atau kebutuhan user.

Bisa Melakukan Debugging Debugging adalah proses yang dilakukan untuk mencari bug atau permasalahan pada kode pemrograman yang sudah berjalan. Kemampuan ini dibutuhkan programmer saat melakukan pengembangan atau menjaga sistem supaya tidak mudah diserang hacker maupun cracker. Selain itu, debugging juga menjadi aktivitas untuk memastikan bahwa program yang dibangun sudah sesuai alur.

Kemampuan Bahasa Inggris Disadari atau tidak, bahasa yang digunakan dalam bidang teknologi informasi, memang menggunakan bahasa Inggris. Contohnya saat mengoperasikan komputer, setiap menu yang tampil merupakan bahasa internasional. Nah, sebagai orang yang berprofesi di bidang IT. Entah sebagai programmer, software engineer, software developer, hingga IT support. Skill bahasa Inggris yang baik akan mempermudah Anda dalam memahami setiap pesan error. Kemudian membaca dokumentasi program, mencari referensi, hingga bertanya di forum global.

Komunikasi Efektif dan Presentasi Bekerja sebagai programmer memang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer untuk menuliskan source code bahasa pemrograman tertentu. Akan tetapi, di saat-saat tertentu, Anda akan berhadapan dengan user atau tergabung dalam suatu kelompok project. Kemudian harus mempresentasikan hasil kerja Anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh user. Di sinilah pentingnya Anda menguasai soft skill komunikasi efektif dan cara membuat presentasi yang menarik.

WhatsApp Hubungi kami