Pilih mana Bandwidth Share atau Dedicated

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bandwidth up to artinya ialah speed yang didapatkan memiliki perbandingan 1:2 artinya speed upload-nya adalah 1/2 dari speed download. Hal ini sangat berbeda dengan bandwith dedicated dimana speed upload sama besarnya dengan download selain itu speed sangat stabil sesuai kontrak.

Dalam layanan dedicated, kecepatan koneksi yang diberikan oleh ISP lebih terjamin yaitu sesuai dengan kontrak. Jika anda membeli kecepatan koneksi tertentu, misalnya 1 mbps, untuk dipakai sendirian maka anda dijamin (secara relatif) mendapatkan kecepatan sebesar itu.

  • Paket Dedicated rasio 1:1

Misal pelanggan berlangganan internet dedicated 512kbps 1:1, maka Bandwidth 512 kbps menjadi hak penuh satu pelanggan dan tidak dibagi dengan pelanggan lain ,semua bandwidth yang diberikan full buat satu pelanggan dengan koneksi yang sangat stabil.

  • Paket Share atau Up to

Share (berbagi), artinya sejumlah Bandwidth akan di pakai bersama-sama dengan pelanggan lain. Pemakaian ini akan mengikuti beberapa aturan, misalnya 1:2, 1:4, 1:8, 1:16 dan seterusnya tergantung paket yang dipilih ketika akan berlangganan.

Jika memilih 256 Share 1:8, maka Bandwidth minimal yang akan didapat adalah 256:8=32 kbps, dan akan mendapatkan Bandwidth maksimal 256.

Namun Bandwidth maksimal jarang sekali didapatkan, karena ketika semua pelanggan dalam kavling tersebut online secara bersamaan, maka masing-masing akan mendapatkan Bandwidth sebesar 32kbps. Lantas kapan seorang pelanggan akan mendapatkan Bandwidth maksimal ? yaitu ketika semua pelanggan yang se-kavling sedang tidak Online.

  • Limited atau Unlimited

Jangan terkecoh dengan sebuah iklan bahwa sebuah paket Limited 1Gb dengan harga murah, lalu berkhayal akan mendapatkan BW sebesar 1Gb. Jika menemukan istilah seperti ini, artinya pemakaian akan dibatasi sesuai kapasitas data yang telah di transfer.

Namun jika menjadi pelanggan dedicated ataupun share, itu artinya bebas mendownload/upload file sampai dengan kapasitas berapapun juga atau disebut Unlimited artinya pemakaian tidak akan dibatasi sesuai kapasitas data yang telah di transfer.

Karena itulah, sebaiknya, sebelum Anda berlangganan layanan internet, Anda cari tahu terlebih dulu paket layanan apa yang akan Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *