Pilih mana ?, paket data atau WiFi ?….

Selain internet rumahan via kabel LAN ada dua teknologi nirkabel yang sering orang gunakan , yaitu Wireless Local Area Network (WLAN) atau biasa dikenal dengan sebutan wifi dan internet mobile data. Fungsinya sih sama yang jadi pembeda hanya dari cara pakainya.

Ketersediaan sinyal wifi di tempat-tempat umum, seperti kampus, cafe, bandara, bahkan sekolah-sekolah biasanya selalu jadi pilihan utama, mengingat koneksi ini menghemat pengeluaran karena tidak mengurangi kuota paket internet.

Walaupun banyak keunggulan tetap saja wifi memiliki kelemahan, apalagi bagi mereka individu bertipe mobile yang harus selalu terhubung internet kapan pun di mana pun. Pasalnya koneksi mobile tidak mengandalkan hot spot dan memiliki jangkauan sangat luas tergantung penyedia layanan yang digunakan.

Semakin luas jaringannya tentu akses juga semakin luas. Soal kecepatan transfer data juga tak main-main. Sebelum ditemukannya teknologi 4G, koneksi mobile data boleh kalah dari sinyal Wi Fi yang saat itu jadi primadona.

Siapa sih, kala itu yang pede memutar video streaming lewat hape? Berkat teknologi 4G semua konten maupun data berukuran besar bisa dilahap tanpa kendala berarti. Namun, di satu sisi semakin besar bandwidth yang dipakai kuota pun akan cepat habis, itu artinya Anda harus sering-sering isi ulang pulsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *