Tidakan CSR memasukkan kepedulian lingkungan dan social ke dalam bisnis perusahaan



Bagi mereka yang bekerja di perusahaan besar maupun kecil tentu tidak asing lagi dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility yang menjadi sebuah tools sebuah perusahaan terhadap masyarakat social disekelilingnya. Program ini biasanya banyak dilakukan untuk menambah citra image untuk kemajuan dan juga perkembangan perusahaan tersebut.

Dewasa ini cukup lumrah untuk sebuah usaha untuk mengembangkan rencana yang berfokus pada tanggung jawab social perusahaan (CSR) dan berkelanjutan. Tidakan CSR memasukkan kepedulian lingkungan dan social ke dalam bisnis perusahaan. program- program tersebut berpusat pada gagasan bahwa bisnis dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Paling tidaknya perusahaan berupaya mengurangi jejak negative mereka di dunia dan biasnya ide ini dayang dari para pemimpin perusahaan yang berniat dalam membantu secara social. Perusahaan yang memiliki program CSR yang kuat juga mendapat banyak manfaat dari hubungan masyarakat yang lebih baik, pelanggan dan pemangku kepentingan akan lebih bahagia dan tentu peningkatan kinerja keungan.

Sementara tujuan utama perusahaan adalah focus pada peningkatan dan laba, banyak juga kasus yang dianggap pentong bagi mereka (perusahaan) untuk tetap menjadi warga korporat yang baik. Karena adanya bukti yang mempunyai keterkaitan komitmen terhadap tanggng jawab social perusahaan ternyata dapat membawa dan memiliki efek positif pada keungang perusahaan.

Investor dapat membuat keputusan berdasarkan pada apakah perusahaan juga berbagi nila yang sama dan dapat mengevaluasi kesejateraan perusahaan secara keselurah dari hanya komitmennya pada program CSR. Jika Ana ingin meningkatkan tanggung jawab social perusahaan atau bisnis Anda dan juga bermaksud mengurangi jejak karbon, atau ingin berinvestasi di perusahaan yang mempunyai program CSR, maka pelajarilah terlebih dahulu profile dan program yang mereka masukkan dalam daftar CSR yang tentunya harus mempunyai banyak poin seperti keberlanjutan dan investasi yang bertanggung jawab.

Program CSR sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan tujuan, tidak hanya dalam kegiatan social saja karena cangkupannya luas dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Meskipun terkesan berat dan membutuhkan banyak dana anggaran, tetapi setiap perusahaan telah memiliki dana khusus dan pemerintah juga telah mengelurakan undang- undang menyangkut CSR.

Dengan sederhanya, setiap CSR yang dibuat adalah merupakan ajang dimana perusahaan mencari nama dan image yang baik di hati masyarakat supaya produk- produk mereka dikenal lebih luas lagi.