Tentang speed test dan Bagaimana speed test bekerja?

Tentang speed test dan Bagaimana speed test bekerja?

Speed test akan mengukur kecepatan maksimum koneksi internet yang kamu gunakan saat itu. Hal ini dilakukan dengan mengirim dan menerima berkas data ke server yang menerima tes di sekitar lokasimu.

Hasil speed test tidak selalu sama dan tidak mutlak. Banyak yang mempengaruhi proses tersebut. Namun hasil tersebut bisa memberikan gambaran kasar tentang kualitas koneksi internet yang kamu gunakan. Ada baiknya — kalau memungkinkan — melakukan tes secara berkala.

Dan bagaimana speed test ini bekerja?

Biasanya, speed test internet dilakukan pada tiga hal: Latency (Ping), Download, dan Upload.

  • Latency — Seberapa cepat transfer data (pergi dan kembali) antara komputermu dan server yang bersangkutan. Biasanya dihitung dalam satuan milisecond.
  • Download Speed — Seberapa cepat data ditarik dari server yang bersangkutan. Biasanya dihitung dengan satuan megabits per second (Mbps).
  • Upload Speed — Seberapa cepat data dikirim ke server yang bersangkutan. Biasanya dihitung dalam satuan megabits per second (Mbps).

Bits atau Bytes?

Kedua satuan ini memang sering rancu. Apalagi kalau sudah ditulis dengan singkatan. Padahal bisa sangat berbeda.

Untuk kecepatan transfer data jaringan, biasanya yang digunakan adalah bits. Jadi, satuannya adalah bits per second (bps), kilobits per second (Kbps), megabits per second (Mbps), dst. Ada juga yang menulis Kb/sec atau Kb/s.

Sedangkan untuk kecepatan transfer data untuk perangkat komputer bukan jaringan(misalnya hard disk), biasanya yang digunakan adalah bytes. Satuannya adalah bytes per second (Bps), kilobytes per second (KBps), megabytes per second (MBps), dst.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penggunaan huruf di antara keduanya biasanya dibedakan. Bits dengan huruf ‘b’ kecil, dan bytes dengan huruf ‘B’ besar. Jadi, Mbps adalah megabits per second, dan MBps adalah megabytes per second.

Hal kedua adalah ukuran satu byte sama dengan delapan bits. Ini yang menyebabkan ukuran antara keduanya bisa berbeda jauh. Bayangkan ketika kita bicara sampai ukuran giga. 1 GBps = 8 Gbps. Jauh kan?

Leave a reply