Memperbaiki masalah sambungan Wi-Fi

Jika Anda mengalami masalah sambungan Wi-Fi atau melihat ikon Wi-Fi dengan tanda seru Masalah Wi-Fi, coba solusi di bawah. Setelah tiap solusi, coba buka halaman web di ponsel Anda untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki.

Catatan:
Beberapa langkah ini hanya berfungsi di Android 8.1 dan yang lebih baru. Pelajari cara memeriksa versi Android.

Langkah 1:
Periksa setelan & mulai ulang

1- Pastikan Wi-Fi diaktifkan. Lalu, nonaktifkan dan aktifkan lagi untuk menyambungkan ulang. Pelajari cara menyambungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi.

2- Pastikan mode Pesawat dinonaktifkan. Kemudian, aktifkan dan nonaktifkan lagi untuk menyambungkan ulang. Pelajari cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode Pesawat.

3- Tekan tombol daya pada ponsel selama beberapa detik. Lalu, di layar, ketuk Mulai ulang Mulai ulang.Jika Anda tidak melihat "Mulai ulang", tekan dan tahan tombol daya selama 30 detik, sampai ponsel dimulai ulang.

Langkah 2:
Cari jenis masalahnya

Ponsel:
Coba sambungkan ke jaringan Wi-Fi dengan perangkat lain, seperti komputer laptop atau ponsel teman. Jika perangkat lain dapat menggunakan jaringan, kemungkinan besar masalahnya ada pada ponsel Anda.

Jaringan:
Periksa apakah ponsel Anda dapat tersambung ke jaringan Wi-Fi lain, seperti di rumah teman atau jaringan publik. Jika ponsel Anda dapat tersambung ke jaringan lain, kemungkinan besar masalahnya ada pada jaringan.

Internet:
Jika ponsel Anda tersambung ke jaringan Wi-Fi tetapi masih tidak tersambung ke internet, kemungkinan besar masalahnya ada pada koneksi internet.

Langkah 3:
Selesaikan masalah berdasarkan jenis masalahnya

Ponsel

Menghapus jaringan Wi-Fi dari ponsel

1- Di ponsel, buka aplikasi Setelan.
2- Ketuk Jaringan & internet Lalu Wi-Fi.
3- Jika perlu, aktifkan Wi-Fi.
4- Di bagian bawah, ketuk Jaringan tersimpan.
5- Dalam daftar, ketuk jaringan tersimpan yang ingin dihapus.
6- Ketuk Lupakan.

Menambahkan jaringan Wi-Fi lagi 1- Di ponsel, buka aplikasi Setelan.
2- Ketuk Jaringan & internet Lalu Wi-Fi.
3- Di bagian akhir daftar, ketuk Tambahkan jaringan.
4- Jika perlu, masukkan nama jaringan (SSID) dan detail keamanan lainnya.
5- Ketuk Simpan. Jika perlu, masukkan sandi.

Masalahnya mungkin disebabkan oleh aplikasi yang Anda download. Untuk mengetahuinya, mulai ulang ponsel Anda dalam mode aman.

1- Aktifkan mode aman. Pelajari cara mengaktifkan mode aman.
2- Coba sambungkan ke jaringan Wi-Fi lagi.
    a. Di ponsel, buka aplikasi Setelan.
    b. Ketuk Jaringan & internet Lalu Wi-Fi Lalu nama jaringan.
3- Lihat apakah sambungan Wi-Fi berfungsi dalam mode aman.

Jika sambungan Wi-Fi berfungsi dalam mode aman , kemungkinan besar penyebab masalahnya adalah aplikasi yang didownload.

    a. Untuk keluar dari mode aman, nyalakan ulang ponsel.
    b. Uninstal aplikasi yang baru-baru ini didownload satu per satu. Lihat apakah sambungan berfungsi.
    c. Setelah menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah, instal ulang aplikasi lain.

Jika sambungan Wi-Fi tidak berfungsi dalam mode aman , kemungkinan ada masalah dengan jaringan Wi-Fi atau sambungan internet.

Tips: Mode pesawat otomatis diaktifkan saat Anda masuk mode aman. Sebaiknya nonaktifkan mode pesawat untuk terus menggunakan fitur seperti GPS, Wi-Fi, dan melakukan panggilan telepon.


Internet & jaringan

Jika modem dan router Wi-Fi adalah milik Anda, coba matikan lalu hidupkan kembali.

1- Cabut kabel power router dan modem dari stopkontak selama 15 detik.
2- Colokkan kabel power lagi.
3- Periksa apakah semua kabel dan colokan terpasang dengan aman.
4- Tunggu beberapa menit, sampai lampu di modem dan router berfungsi dengan benar. (Lihat panduan perangkat atau situs dukungan produsen.)

Jika lampu tidak berfungsi dengan benar, Anda mungkin memiliki masalah dengan modem, router, atau sambungan internet. Hubungi administrator jaringan atau Internet Service Provider Anda. Misalnya, ada kemungkinan layanan mati, atau administrator jaringan perlu menyetel ulang sambungan Anda.

Penting:
Jaringan publik, seperti kafe atau bandara, sering kali memiliki halaman yang harus Anda lengkapi. Jika Anda login atau menerima persyaratan, sambungan publik akan berfungsi. Jika halaman otorisasi tidak muncul setelah Anda tersambung ke jaringan publik:

1- Periksa notifikasi yang meminta Anda untuk login.
2- Buka halaman baru di jendela baru.

Jika langkah-langkah tersebut tidak berhasil, cobalah untuk memulai ulang sambungan ke jaringan:

1- Di ponsel, buka aplikasi Setelan.
2- Ketuk Jaringan & internet Lalu Wi-Fi.
3- Sentuh lama nama jaringan. Ketuk Lupakan jaringan.
4- Nonaktifkan Wi-Fi lalu aktifkan lagi.
5- Di daftar, tap nama jaringan.
6- Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk login. Ketuk pemberitahuan tersebut.
7- Agar tersambung ke jaringan, setujui persyaratannya.
1- Di ponsel, buka aplikasi Setelan.
2- Ketuk Sistem Lalu Lanjutan Lalu Opsi setel ulang Lalu Setel ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth. Jika tidak melihat "Lanjutan", ketuk Jaringan & internet Lalu Lainnya Lainnya Lalu Setel ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth
3- Di bagian bawah, ketuk Setel ulang.

Hotspot Wi-Fi

1- Di ponsel, buka aplikasi Setelan.
2- Ketuk Jaringan & internet Lalu Hotspot & tethering.
3- Ketuk hotspot Wi-Fi.
4- Aktifkan Hotspot Wi-Fi
    a- Jika sudah aktif, nonaktifkan lalu aktifkan lagi.
    b- Jika ponsel Anda belum memiliki hotspot, ketuk Siapkan hotspot Wi-Fi terlebih dahulu.
Tips:
Untuk info selengkapnya, Pelajari hotspot dan tethering lebih lanjut..

Penting:
Tidak semua penyedia layanan seluler dapat digunakan dengan hotspot seluler.

Jika mengalami masalah, periksa operator penyedia layanan internet Anda. Tanyakan apakah ponsel Anda dapat tersambung ke hotspot seluler dan apakah hotspot seluler termasuk dalam paket wifi Anda.



Saat Anda tersambung kembali

Saat Anda tersambung kembali, periksa update sistem terbaru. Update dapat memberikan penyempurnaan yang membantu memperbaiki masalah. Pelajari cara memeriksa dan mengupdate versi Android.

Masih belum tersambung ke internet?

Jika masih belum tersambung, hubungi Penyedia Layanan Internet, produsen router, atau administrator jaringan wifi kami.