Masalah muncul saat kecepatan yang dirasakan oleh pelanggan tidak sesuai dengan paket yang dijanjikan



Berikut adalah tips untuk memastikan apakah bandwidth yang Anda dapatkan sudah sesuai dengan yang ditawarkan oleh provider.
1. Kenali Jenis Paket Internet Anda Salah satu hal yang luput dari perhatian para konsumen umumnya adalah speed atau kecepatan yang diberikan saat sudah berlangganan. Dimana sebenarnya terdapat perbedaan besar antara speed internet yang menggunakan paket ‘Up To’ dan ‘Dedicated’.

Perbedaan kedua paket internet ini terletak pada besaran bandwith yang diberikan. Jika menggunakan paket ‘Dedicated’ , maka bandwidth yang diberikan kepada seorang user memiliki besar yang tetap atau tidak terbagi dengan user lain. Kecepatan koneksi yang diberikan juga terjamin sesuai dengan kesepakatan dan lebih stabil. Jika anda membeli kecepatan koneksi 3 Mbps, anda dijamin mendapatkan kecepatan sesuai dengan yang ditawarkan.

Sementara Jika layanan paket ‘Up To’ atau yang juga dikenal dengan Broadband Internet, kecepatan aksesnya kadang tidak stabil. Hal ini disebabkan karena traffic dan bandwidth yang diberikan terbagi ke beberapa user, sehingga kecepatannya menjadi lambat. Biasanya, provider menawarkan paket Internet ‘Up To’ dengan bandwidth yang sangat besar, mulai dari 25 Mbps hingga 100 Mbps. Contohnya, jika anda berlangganan 100 Mbps namun kecepatan yang Anda rasakan hanya berkisar antara 25-40 Mbps, maka sudah pasti paket Internet tersebut adalah paket ‘Up To’ dengan puluhan atau bahkan ratusan user.

2. Lakukan Tes Bandwidth Sebagian besar user kerap menggunakan website speedtest dalam melakukan pengecekan bandwidth yang digunakannya. Sebaiknya lakukan pengetesan ke beberapa server lokal maupun internasional untuk melihat rata-rata kecepatan bandwidth yang digunakan secara akurat. Sering dijumpai pada saat melakukan test bandwidth, kecepatan ke link lokal cukup besar tetapi berbanding terbalik saat menuju link internasional, dimana kecepatan bandwidth untuk download –upload dari dan ke link internasional sangat kecil.

Anda juga dapat test bandwidth dengan melakukan tes download menggunakan tools download manager. Perhatikan kecepatan bandwidth anda saat mendownload file karena sejumlah provider melakukan limitasi bandwidth (burst limit) untuk download dan upload file. Dimana, saat anda mulai mendownload file kecepatan bandwidth sangat besar tetapi semakin lama kecepatan bandwidth menurun.